Selasa, 19 Juli 2016

Sempat Dituduh Curang, Kemenangan Marquez Tetap Dinyatakan Sah



Foto mekanik tim Repsol Honda membantu Marc Marquez berganti motor di pitstop Sirkuit Sachsenring dalam Grand Prix Jerman, Minggu (17/7/2016) kemarin akhirnya membuat Race Direction buka suara. Meski sempat jadi kontroversi, Mike Webb mengatakan tidak ada yang dilanggar sang pemenang balapan.

Setelah Marquez menobatkan diri jadi pemenang di Grand Prix Jerman, beredar isu kalau The Baby Alien melakukan pelanggaran di pitstop. Ya, ketika berganti motor akibat perubahan cuaca, terlihat mekaniknya membantu menekan tuas kopling motor RC213V kedua.

Gambar tersebut memunculkan anggapan Marquez telah mendapat kemudahan saat mengganti motor. Dengan ditekan tuas kopling oleh mekaniknya, maka pembalap Spanyol dikira tinggal meluncur mulus melanjutkan balapan tanpa kerepotan memasukkan gigi terlebih dahulu.

Padahal, ada peraturan yang menyatakan motor kedua pembalap mesti dalam keadaan netral alias si pembalap sendiri yang harus menekan tuas kopling serta memasukkan gigi. Hal itu untuk memperhatikan keselamatan di area pitlane.

Untuk meredakan perdebatan, Mike Webb selaku Race Director akhirnya angkat suara. Ia mengatakan pergantian motor yang dilakukan Marquez tetap sah sebab mekanik Honda cuma menekan tuas kopling, namun Marquez sendiri yang memasukkan gigi motornya.

"Marquez melakukan itu dalam pemanasan, jadi kami mendatanginya dan mereka (Repsol Honda) mengatakan, "kami memegang tuas kopling sehingga ia (Marquez) bisa melompat ke motor dan tinggal memasukkan gigi ketika meluncur," ungkap Webb seperti dikutip dari Crash.

"Jadi motor dalam keadaan netral ketika ia (Marquez) tiba dan mereka dengan tepat melakukan perintah yang saya minta yakni pembalap yang memasukkan gigi motor,"

"Saya bertanya Danny Aldridge (Direktur Teknis) untuk memeriksa data dan ia mengkonfirmasi motor memang dalam keadaan netral. Jadi saya senang pergantian motor itu tidak ada yang salah, mereka tahu apa yang mereka lakukan dan tahu aturan," jelasnya.

Namun, kasus ini membuka pandangan Webb. Ia berjanji akan membenahi peraturan terkait untuk menegaskan tidak ada mekanik yang menekan kopling lagi.

"Setelah melihat kasus di atas, saya sedang mempertimbangkan melihat peraturan lagi untuk merapikannya. Sehingga secara efektif akan mengatakan "tidak memegang kopling," tutupnya

 JAGADPOKER


* Bonus Rollingan 0,3% ( Perminggu ).
* Bonus Referral 15% ( Seumur Hidup ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar